Guitar/Tapping (Teknik Dasar)

Tapping adalah nama pendek dari fretboard tapping atau penyadapan jari. Ini adalah teknik dimana jari memukul (menekan) ke bawah (tekan) terhadap string untuk menghasilkan suara daripada memukul atau memetik senar. Jika kedua tangan kiri dan kanan digunakan maka disebut dua tangan penyadapan. Tidak jelas siapa yang menemukan menekan tapi jelas dipopulerkan oleh Eddie Van Halen. Van Halen mendengarkan Heartbreaker oleh Led Zeppelin dan ia sangat terinspirasi oleh solo, yang berisi variasi penyadapan. Hal ini dapat dikatakan lagu yang mendorong Van Halen untuk menggunakan "penyadapan" sering. Semacam agak berbeda dari menekan dua tangan independen ditemukan oleh Harry DeArmond dan dinamai "Sistem Touch" oleh muridnya Jimmie Webster. The "Touch System" adalah metode bermain yang lengkap, bukan teknik. Cara lain untuk menekan independen ditemukan oleh Emmett Chapman, di mana tangan kanan datang atas fretboard dan garis sampai dengan frets seperti kiri. Ketiga jenis teknik sadap adalah:


1. Interdependent tapping  (Saling menekan)

Oleh : Eddie Van Halen (Edward Van Halen)
Saling menekan sejauh ini merupakan jenis yang paling umum dari penyadapan. Hal ini umumnya digunakan sebagai teknik gitar, memimpin paling sering selama solo, namun, sejumlah kecil lagu seluruhnya disadap. tangan memilih pemain yang melompat keluar untuk fretboard dan mulai tekan string dengan jari. Namun, seseorang harus mendapatkan memilih jalan untuk tekan. Beberapa pemain melakukannya dengan menempel memilih antara jari-jari mereka, yang lainnya hanya menggunakan jari tengah untuk tekan. Van Halen Teknik menyingkirkan memilih dilakukan dengan memindahkan memilih ke dalam ruang antara sendi pertama dan kedua jari tengahnya.

Eruption oleh Eddie Van Halen adalah contoh yang baik dari teknik ini.
Eruption (lihat video ke 2) dirilis sekitar tahun 1976-78 dengan beberapa variasi perbaikan, solo gitar ini pada saat itu sangat mengejutkan dan membuat gitaris-gitaris lainnya saat itu dengan tehnik-tehnik kuno lainnya menjadi tampak tidak ada apa-apanya. Selanjutnya periode akhir 70-an dan 80-an memang eranya Eddie Van Halen. Bahkan sampai sekarang banyak gitaris yang memakai teknik ini.

Dengkarkan baik-baik sound gitarnya......njlimet....ngacir...!



Ini contoh video tehnik two hand tapping handednya Eddie Van Halen :





2. The Touch System

Seperti disebutkan sebelumnya, ini adalah gaya bermain secara keseluruhan dan satu buku bisa ditulis tentang hal itu. Musisi pertama bermain dengan cara ini adalah pickup desainer Harry DeArmond di tahun 1940, yang digunakan penyadapan sebagai cara untuk menunjukkan sensitivitas pickup nya. Sementara masing-masing tangan bisa memainkan peran sendiri, DeArmond memegang tangan kanannya pada orientasi yang sama seperti teknik gitar konvensional. Ini berarti kemampuan tangan yang memanfaatkan melodi skala Ines berbasis terbatas. Dia mengajarkan pendekatan untuk karyawan Gretch Guitars Jimmie Webster, yang menulis sebuah buku instruksi yang disebut "Sistem Amplified Touch untuk gitar Spanyol." Webster membuat catatan dan berkeliling mendemonstrasikan metode ini. Meski mengilhami beberapa pembangun (bungker Dave, misalnya), Sistem Touch dibatasi oleh kurangnya gerakan yang sama untuk tangan kanan dan tidak pernah tertangkap.


3. The Free Hands Method

Pada tahun 1969 Emmett Chapman, yang tidak memiliki pengetahuan sebelumnya DeArmond, Webster atau gitaris penyadapan lainnya, menemukan bahwa ia bisa tekan pada string dengan kedua tangan, dan bahwa dengan meningkatkan leher ke atas bisa menyelaraskan jari-jari tangan kanan itu dengan frets seperti pada kiri, tapi dari atas fretboard itu. Hal ini membuat garis melodi skala berbasis seperti mudah keran di sisi kanan kiri, dan cara baru dalam memainkan instrumen berdawai lahir. Chapman didesain ulang buatan pulang gitar 9-string untuk mendukung metode bermain yang baru, dan mulai menjual instrumen baru (The Chapman Stick) kepada orang lain pada tahun 1974. Pada tahun 1976 diterbitkan Chapman volume nya pelajaran dikumpulkan ia digunakan untuk mengajar dan gitaris Stick pemain sebagai "Hands Free: Disiplin Baru Fingers pada Strings."
Dpopulerkan oleh musisi seperti Tony Levin, Nick Beggs, John Myung dan Greg Howard, dan saat ini sedang mengalami lonjakan dalam popularitas karena internet. Stanley Jordan menjadi terkenal pada 1980-an untuk menggunakan metode yang sama pada gitar. Jordan menemukan metode yang mandiri setelah Chapman tidak, telah ditandatangani untuk Blue Note Records, dan merilis beberapa metode albums.The Chapman sukses yang diciptakan dan Yordania juga digunakan memungkinkan lengkap diri-iringan dan lagu lain, seperti pada piano



By. Ita Soraya

Pasang Link di Facebook Kamu dan Dapatkan Dollar !